Connect with us

Ragam

Hujan Deras Jembatan Kawanua Putus Diterjang Banjir

Published

on

Jembatan Kawanua, Negeri Saunulu, Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah terputus setelah diterjang banjir, Senin (10/7).

Malteng,HM-Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Maluku Tengah dalam dua hari terakhir menyebabkan jembatan Kawanua, Negeri Saunulu, Kecamatan Tehoru terputus setelah diterjang banjir, Senin (10/7). Akibatnya, transportasi antar Kabupaten SBT dan Malteng lumpuh total.

Menurut Kepala BPBD Maluku Tengah, Abdul Latif Key bahwa, putusnya dua bentangan jembatan tersebut baru terjadi pada Senin dini hari.

“Dua bentangan jembatan Kawanua putus dan roboh. Peristiwa itu terjadi pada (senin) dini hari,” ujar Latif Key Senin (10/7) pagi.

Latif melanjutkan, robohnya jembatan tersebut membuat akses aktifitas warga baik dari arah Masohi ke Telutih atau sebaliknya mengalami lumpuh total.

“Jembatanya sudah putus, jadi transportasi lumpuh total, ” ungkapnya.

Latif memastikan, kondisi jembatan sudah terputus. Sehingga, kendaraan jenis apa pun sudah tidak bisa dilalui. Dia juga mengimbau masyarakat mengutamakan keselamatan jiwa dan tidak berada di sekitar jembatan penghubung tersebut.

“Kami sudah cek ke lokasi, tidak bisa dilewati lagi. Bagi masyarakat kami minta hati-hati saat berkendara karena arus luapan air sungai masih sangat deras,” tandasnya.

Latif menambahkan, saat ini pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk tindak lanjut setelah ini. Selanjutnya, pihaknya saat ini akan melakukan mitigasi terutama soal keselamatan masyarakat yang berada di sekitar lokasi jembatan putus.

“Kami tetap akan mengutamakan keselamatan jiwa masyarakat. Jadi warga dari Masohi ke Teluti atau sebaliknya sudah tidak bisa melewati jembatan itu. Kami imbau warga tetap hati-hati dan mengutamakan keselamatan,” pungkas Latif.

Sementara itu, Arman, salah seorang sopir angkutan lintas kecamatan mengatakan bahwa, akibat terputusnya jembatan tersebut, ia tidak bisa melintasi ke Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Sudah putus, jadi katong (kami) tidak bisa lewat lagi, apalagi dengan kondisi hujan begini, beta harap Pemkab bisa mencari solusi untuk memperbaik jembatan itu secepatnya,” singkat